Indonesia Kembali Membawa Pulang Medali di Olimpiade Fisika

Sejumlah siswa Indonesia kembali menjaga tradisi medali emas di bidang sains, dengan menjuarai Olimpiade Fisika International (International Physics Olympiad/IPhO) yang berlangsung di Bangkok, Thailand. Dari lima siswa yang dikirim, semuanya berhasil menyabet medali.

Mereka adalah Erwin Wibowo dari SMK Penabur Gading Serpong, berhasil mendapatkan emas dan Kevin Ardian Fauzie dari SMA Santa Maria Pekanbaru, Riau berhasil mendapatkan perak. Sementara itu, tiga perunggu diraih masing-masing oleh Farhan Nur Kholid dan Luqman Fathurrohim dari SMAN Sragen Bilingual Boarding School, Jawa Tengah, dan Imam Agung Raharja dari SMA Pribadi Depok, Jawa Barat.



Kedatangan rombongan olimpiade langsung disambut oleh Direktur Pembinaan SMA, Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah, Kementerian Pendidikan Nasional, Totok Suprayitno, di Terminal 2E kedatangan, Bandara Soekarno Hatta, Tangerang. Totok mengaku bangga, karena dari lima peserta yang mewakili Indonesia semuany berhasil menyabet mendali.

"Lima siswa yang mewakili Indonesia adalah yang terbaik, dari hasil seleksi ribuan siswa sebelumnya. Mulai dari tingkat kabupaten sampai mewakili Indonesia," kata Totok Suprayitno kepada VIVAnews.

Totok Berharap pemenang yang mewakili Indonesia bisa datang dari daerah, tidak hanya dari kota. Sebab, Totok yakin masih banyak potensi anak-anak di pelosok yang belum tergali.

"Prestasi olimpiade itu bukan fenomena siswa kota, seperti Jakarta atau Surabaya. Tetapi, potensi anak bangsa semuanya, yang mulai saat ini harus digali secara maksimal," ujarnya.

Olimpiade kali ini diikuti oleh 393 peserta dari 84 negara. Secara individu, para siswa dari belahan dunia ini menjalani sejumlah tes, di antaranya tes teori dan tes praktikum.

Sementara itu, Erwin Wibowo peraih medali emas mengaku bahagia bisa menjuarai Olimpiade tahun ini.

"Terdapat kesulitan tahun ini, di mana standar emasnya lebih tinggi dibanding tahun kemarin. Tapi syukurlah bisa menjadi juara," ujar Erwin.

Source : http://nasional.vivanews.com/news/read/234126-indonesia-kembali-sabet-emas-olimpiade-fisika