Jenis Kelamin Bisa Diketahui dalam Waktu 7 Pekan Kehamilan

Ora Iseng News - Dari sebuah penelitian terbaru, ternyata sebuah tes darah sederhana dapat digunakan untuk mengetahui jenis kelamin bayi dalam waktu tujuh pekan kehamilan.

Pada penelitian itu diperiksa 57 DNA janin dari sekitar 6.500 ibu hamil dan hasilnya kemudian dipublikasikan dalam Joural of American Medical Association.

Dari tes analisa DNA janin dalam darah sang ibu, jika kromosom Y hadir, ia akan memiliki anak laki-laki, jika tidak, berarti janin itu adalah perempuan.

Temuan ini bisa membantu kekhawatiran orang tua tentang penyakit yang berkaitan dengan gender, tetapi juga bisa disalahgunakan. Peneliti menyebutkan, hasil tes ini bisa menjadi kabar baik bagi orang tua yang keturunannya beresiko penyakit langka, yang berkaitan dengan gender kelainan genetik, seperti kelainan otot Duchenne pada anak laki-laki atau sindrom Turner pada anak perempuan.

Mengetahui jenis kekamin janin sejak dini juga akan membantu orang tua untuk menentukan apakah mereka perlu menjalani tes genetik yang mahal, tetapi ini juga menimbulkan peluan seputar aborsi selektif jenis kelamin yang tidak diinginkan.



Untuk ke depan peneliti berharap institusi yang menggelar tes darah seperti itu terlebih dahulu meminta orang tua untuk menandatangani surat pernyataan yang berisi tidak akan menggunakannya untuk tujuan aborsi selektif jenis kelamin.