Komputer Beritahu Rasa Sakit

Tak pernah terpikir bahwa komputer bisa memberitahukan seseorang dalam keadaan sakit. Ini terbukti dari penelitian di Amerika Serikat bahwa uji coba yang mereka lakukan berhasil. Ilmuwan di Stanford University, California, AS menggunakan software pembelajaran untuk mengelompokkan data yang dihasilkan dari hasil pemindaian otak dan mendeteksi ketika seseorang merasa sakit.

Sean Mackey yang memimpin studi ini mengatakan : "Pertanyaan yang coba kami jawab adalah, bisakah kita menggunakan alat pencitraan untuk mendeteksi secara objektif apakah seseorang sedang dalam keadaan sakit atau tidak. Jawabnya adalah bisa.


Kebanyakan dari dokter saat ini bergantung pada jawaban dari pasien untuk menentukan apakah mereka sakit atau tidak, padahal ada pasien tertentu seperti anak-anak dan manula atau penderita demensia tidak bisa memberitahukan rasa sakit yang diderita. Dengan komputer ini rasa sakit yang luput dari diagnosa dokter pun dapat diketahui.

Semoga teknologi ini selanjutnya bisa menampilkan hasil deteksi penyakit yang lebih baik sehingga bisa memberikan perawatan yang lebih baik juga bagi penyakit kronis.