Kurangi Stress, Stabilkan jantung dengan Tidur Siang

Penelitian berkata bahwa tidur siang sangat bermanfaat untuk jantung. Percayakah anda?

Sebuah studi yang telah dilakukan oleh Ryan Brindle dan Sarah Conklin, Universitas Allegheny di Pennsylvania menemukan ada efek positive yang ditimbulkan setelah tidur siang. Efek tersebut sangat mempengaruhi kondisi saluran cardiovascular yang membantu mejaga tekanan darah tetap seimbang setelah tidur kurang lebih 1 jam setiap harinya.

Kelelahan fisik dan otak timbul karena pekerjaan berat yang melibatkan fisik dan pikiran, tak heran bila stress membuat orang cemas dan tekanan darah menjadi tidak seimbang. Hal ini kemudian memaksa jantung bekerja lebih keras dan akhirnya jantung mengalami kelelahan.

Studi yang melibatkan 85 orang yang dibagi 2 kelompok dimana satu kelompok secara rutin melakukan tidur siang selama 60 menit dan kelompok lainnya melakukan aktivitas seperti biasa.


Kemudian masing-masing orang diperiksa tekanan darah dan interval denyut nadi, sehingga Brindle dan Conklin menyimpulkan ada sebuah keuntungan yang diciptakan bagi jantung saat tubuh beristirahat siang dalam waktu 60 menit.

Perbedaan dari kedua kelompok tersebut memang tidak terpaut jauh. Tidur siang juga tidak membantu menurunkan stress secara drastis. Namun dibandingkan dengan yang tidak tidur siang, interval denyut nadi dan tekanan darah bagi mereka yang tidur siang lebih stabil.

Demi kesehatan jantung dan tekanan darah memang dianjurkan untuk tidur siang walaupun dengan yang tidak tidur siang tak jauh berbeda, tetapi setidaknya dapat meringankan stress dan beban pikiran karena kelelahan bekerja yang melibatkan fisik dan pikiran. Perlu penelitian lebih lanjut mengenai tidur siang, namun masalah kesehatan jantung dan penyakit lain salah satunya berawal dari kualitas tidur atau istirahat yang kurang baik.