Tiga Tipe Membaca

Ada tiga tipikal membaca yang perlu diketahui. Dengan mengetahui tiga tipikal membaca ini setidaknya dapat digunakan untuk memilih cara membaca yang mana yang sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai dari kegiatan membaca. Tiga tipe itu adalah membaca aktif, membaca kritis dan membaca efektif.

1. Membaca aktif.
Teknik membaca aktif berhubungan dengan bagaimana caranya agar dapat terhubung dengan apa yang dibaca. Teknik ini sangat penting untuk meningkatkan konsentrasi ketika membaca dan membantu untuk mengingat inti dari apa yang telah dibaca. Hal ini akhirnya akan meningkatkan proses pembelajaran.

Contoh kebiasaan yang dapat dilakukan agar dapat disebut dengan membaca aktif adalah menggaris bawahi atau menandai kata-kata kunci dari setiap paragraf yang dibaca, variasikan kecepatan membaca dan menentukan jangka waktu untuk menyelesaikan kegiatan membaca. Membaca dengan suara keras untuk menghafal bagian tertentu, merangkum bacaan yang telah dibaca dengan kata-kata sendiri pada notebook juga dapat dilakukan agar bisa membaca secara aktif. Kemudian sebelum melanjutkan membaca sebaiknya review ulang apa yang telah dibaca pada point-point setiap paragrafnya.

2. Membaca kritis
Tentu dituntut untuk membaca secara kritis ketika membaca seperti karya-karya ilmiah atau literatur-literatur. Artinya harus menilik maksud, bukti-bukti, serta ide-ide yang digunakan oleh penulis untuk meyakinkan pembacanya. Sebelum menelan mentah-mentah semua yang dibaca ada baiknya mengevaluasi apa yang dibaca. Berikut adalah pertanyaan-pertanyaan yang bisa dikeluarkan sebelum membaca untuk meningkatkan analisa yang kritis, yaitu:

a. Kredibilitas apa yang dimiliki oleh penulis dalam lingkup tulisan ini? misalnya buku sejarah, apakah penulis adalah orang yang ahli dalam bidang sejarah, atau buku ekonomi, apakah penulisnya kredibel dalam bidang ekonomi?
b. Hal apa yang penting dan signifikan dalam bacaan ini?
c. Klaim apa yang dibuat penulis? Apa dasarnya? Apa bukti-bukti yang digunakan serta dipaparkan oleh penulis?
d. Logiskah ide-ide penulis? Apakah kesimpulan yang dibuatnya mengikuti bukti-bukti yang ia paparkan?
e. Seberapa validkah kesimpulan dari bacaan tersebut?
f. Apakah kesimpulan itu dapat diaplikasikan secara umum?

3. Membaca efektif
Sebelum memulai untuk membaca, ada baiknya mengintip checklist di bawah ini agar dapat membaca secara efektif.

- Apakah anda sedang dalam suasana baik serta di dalam lingkungan yang baik dan mendukung ketika anda membaca?
- Apakah anda sudah menentukan tujuan anda membaca buku atau teks tersebut?
- Apakah anda menggunakan teknik membaca aktif?
- Apakah anda sudah mempersiapkan diri untuk membaca secara kritis?

Selamat Mencoba.