Fakta Unik Nintendo

Nintendo memang tak bisa dilepaskan daru video game. Peran Nintendo pun sangat vital dalam evolusi konsol game, terutama berkat Nintendo Entertainment System.

Mario Bros, Donkey Kong dan Zelda dan sejumlah karakter video yang sekarang sudah menjadi ikon Nintendo pun hadir.

Tidak banyak yang tahu mengenai fakta unik perusahaan yang didirikan Fusajiro Yamauchi pada 23 September 1889 ini. Berikut merupakan fakta unik Nintendo.



1. Berawal dari Pembuatan Kartu

Usia Nintendo yang mencapai 122 tahun jelas bisa dianggap sebagai kakek di bidang permainan. Nintendo bermula dari perusahaan pembuat kartu hanafuda, permainan khas Jepang. Saat itu Nintendo yang masih bernama Nintendo Koppai memproduksi kartu permainan ternyata masih berlanjut hingga sekarang, bahkan Nintendo rutin menggelar turnamen bridge yang diberi nama Nintendo Cup.

2. Hotel Cinta

Nintendo pernah membuka hotel cinta. Hotel yang merupakan jenis hotel populer di Jepang ini dibuat sebagai tempat bercinta dan memasang tarif per jam. Usaha ini begitu berkembang hingga tahun '60-an, tetapi Nintendo seperti berusaha mengubur bisnisnya ini.

3. N&B Blocks

Nintendo pernah membuat permainan berbentuk brick (bata) layaknya Lego dengan sudut curve yang berbeda dengan sudut tajamnya Lego. N&B Blocks juga sempet muncul di Super Mario Land 2;6 Golden Coins sebagai salah satu lokasi permainan.

4. Perang Paten dengan Universal Studio

Universal Studio pernah mengajukan gugatan karena Donkey Kong dianggap meniru King Kong. Sekitar tahun '80-an itu Nintendo baru menuai kesuksesan sehingga mengerahkan segala cara untuk menang di pengadilan.

Nintendo kemudian menyewa pengacara Jack Kirby dan berhasil menang karena cerita King Kong dianggap sebagai domain publik. Sebagai hadiah, Nintendo pun memberikan kapal layar dan hak ekslusif penggunaan nama Donkey Kong untuk digunakan kapal itu.

5. Menciptakan Tombol Salib di Joypad

Nintendo tercatat sebagai penemu tombol salib di Joypad (stick, controller, d-pad). Tombol salib ini digunakan sebagai tombol arah dan ditemukan pertama kali oleh pencipta GameBoy, Gunpei Yokoi. Nintendo kemudian memasang tombol salib ini di Joypad dan menjadi salah satu ikon konsol video game ini.

6. Sensor Ketat

Pada tahun '80 hingga awal '90, Nintendo of America membuat kebijakan sensor ketat. Misalnya jika ada gambar patung telanjang maka akan dipasang pakaian, bar diubah menjadi kafe. Bahkan dalam game, tak ada penjahat yang menyelundupkan narkoba melainkan menyelundupkan pisang.

7. Rencana Membuat Ponsel Game

Nintendo memang tercatat mematenkan perangkat elektronik yang bisa digunakan untuk bermain game dan telepon. Tak hanya itu, Nintendo bahkan dikabarkan pernah merancang ponsel game itu bersama Nokia. Saat itu, Nokia juga sedang mengembangkan ponsel game N Gage. Tapi ide ini kemudian ditolak saat diajukan ke dewan direksi Nintendo.