Percetakan Al-Qur'an Terbesar di Dunia

Monggo yang belom tahu, silahkan di simak. kalo perlu ya dikomen. :D


Di antara tempat yang juga cukup penting untuk dikunjungi di Kota Suci Madinah adalah percetakan Alquran. Ini merupakan percetakan mushaf Alquran terbesar di dunia dengan kapasitas mencapai 12 juta eksemplar per tahun.

Resminya, percetakan tersebut bernama Mujamma Al Malikul Fahd Lithibaatil Mushafi Asy-syarif (King Fahd Complex for Printing the Holy Quran)

Percetakan ini berada di bawah Kementerian Agama Kerajaan Arab Saudi. Berdiri pada tahun 1404 Hijriyah atau 1984 Masehi, saat ini percetakan ini menjadi percetakan terbesar di dunia.
Percetakan ini berdiri di atas lahan 250.000 meter per segi. Di lahan ini, selain ada bangunan kantor utama, juga ada bangunan percetakan, rumah sakit, kantin, rumah tinggal untuk karyawan, toko, masjid, dan lain-lain.

Ada sekitar 1.700 pegawai yang bekerja di percetakan ini. 900 Orang di antaranya adalah sebagai pengawas dalam pencetakan mushaf Al Quran. Mereka terdiri dari para ulama Islam dan penghafal Al Quran. Sekitar 75% pegawai merupakan warga Arab Saudi, sisanya warga asing. "Ada juga pegawai kami dari Indonesia.
saat ini percetakan ini tidak hanya mencetak mushaf Al Quran. "Sekarang kami memproduksi kaset Al Quran dan CD. Tahun lalu, mushaf Al Quran yang dicetak 10 juta eksemplar per tahun. Tapi, setelah kami membeli alat percetakan baru, sekarang menjadi 12 juta eksemplar per tahun.



Percetakan Al Quran ini dibiayai seratus persen oleh APBN Kerajaan Arab Saudi. Karena itu, percetakan ini tidak bersifat profit oriented. Sebanyak 95 persen mushaf Al Quran yang dicetak didistribusikan ke seluruh penjuru dunia secara gratis. Hanya ada 5% yang kami jual di toko di kompleks ini.

Percetakan telah mengeluarkan lebih dari 20 edisi mushaf dalam berbagai ukuran, berbagai jenis tulisan kaligrafi, dan riwayahs (cara baca). Terdiri dari 7 edisi ukuran besar, enam edisi ukuran normal yang terbagi dalam 4 riwayahs: Hafs, warsh, Al Duri, dan Qalun, dan enam publikasi lain. Percetakan ini juga mencetak Al Quran dan terjemahannya dalam 47 bahasa, termasuk bahasa Indonesia.

Untuk mencetak Al Quran dengan bagus, percetakan mengimpor kertas dari Italia. Peralatan percetakan juga didatangkan dari negara Jerman.



Percetakan ini terbuka untuk umum. Jamaah haji atau jamaah umrah bisa memasuki kompleks ini. Namun, khusus hari Kamis dan Jumat, kompleks tidak dibuka, karena hari libur. Setiap orang yang mengunjungi kompleks percetakan akan diberi oleh-oleh saat pulang, yaitu 1 mushaf Al Quran.

Tapi, di musim haji ini, oleh-oleh mushaf Al Quran ini tidak diberikan kepada jamaah yang berkunjung ke kompleks ini, mushaf Al Quran ini hanya di bagikan pada jamaah umroh yang berkunjung. Sedangkan pada musim haji akan di bagikan di bandara saat Jamaah haji akan pulang ke negara asalnya.